KPU Basel Perpanjang Waktu Tahapan Pendaftaran Paslon Pilbup 2024

oleh -729 Dilihat
oleh

POLTAMNEWS.COM, TOBOALI — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) memperpanjang waktu pendaftaran pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati pada pemilihan kepala daerah atau Pilkada 2024 di daerah itu, maksimal selama tiga hari ke depan.

Ketua KPU Basel Muhidin mengatakan, perpanjangan waktu pendaftaran bakal calon itu diputuskan setelah pihaknya menyelesaikan waktu pendaftaran Paslon sesuai dengan tahapan, yaitu pada 27 hingga 29 Agustus 2024.

Dijelaskannya, perpanjangan waktu tahapan pendaftaran itu dilakukan berdasarkan PKPU nomor 10 Tahun 2024 tentang perubahan atas PKPU nomor 8 Tahun 2024.

“Hingga 29 Agustus pukul 23.59 WIB malam ini tadi, hanya ada satu bakal pasangan calon yang mendaftar. Maka sesuai PKPU Nomor 10 Tahun 2024 apabila hanya satu bakal calon, maka akan dilakukan perpanjangan masa pendaftaran,” ungkap Muhidin, saat menggelar konferensi pers di Sekretariat KPU Basel, pada Jumat (30/8/2024) dini hari.

“KPU Kabupaten Bangka Selatan mulai dari tanggal 27 sampai dengan  29 Agustus tahun 2024 telah menerima satu bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati atas nama Riza Herdavid dan Debby Vita Dewi,” ujar Muhidin.

Ditambahkannya, perpanjangan waktu itu tertuang dalam surat keputusan KPU Basel nomor 286 Tahun 2024 tentang penetapan penundaan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan.

“Maka KPU Kabupaten Bangka Selatan memutuskan memperpanjang masa pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan dalam pemilihan serentak tahun 2024, terhitung mulai 30 Agustus sampai dengan 1 September 2024,” tukasnya.

Sebelumnya, pasangan Cabup-Cawabup Basel Riza-Debby telah mendaftarkan diri di KPU daerah itu, pada Rabu 29 Agustus lalu yang diusung oleh sebelas partai politik.

Pasangan ini diusulkan oleh 11 gabungan Partai Politik peserta Pemilu, di antaranya PDIP, Demokrat, Nasdem, Golkar, PKB, PKS, PAN, PPP, PBB, Perindo dan Gerindra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *