Relawan Kotak Kosong di Bangka Selatan Menilai Koalisi Partai Pengusung Calon Tunggal Kangkangi Demokrasi

oleh -1397 Dilihat
oleh

POLTAMNEWS.COM, TOBOALI — Sejumlah warga yang menamakan dirinya Relawan Kotak Kosong Bangka Selatan, menggelar aksi damai mengampanyekan “Kotak Kosong”, di Himpang 5 Toboali, Jumat (30/8/2024) sore.

Erwandi atau Wiwid, salah satu koordinator aksi itu mengatakan, melalui aksi tersebut pihaknya ingin menyampaikan aspirasi dan menyatakan sikap mendukung kotak kosong.

“Ini adalah bentuk dukungan kami pada kotak kosong, kami ingin menyampaikan aspirasi sebagai masyarakat yang mempunyai hak untuk memilih mana yang sepatutnya kami pilih,” ungkap Erwandi, pada awak media.

Pihaknya juga menyatakan, aksi tersebut sebagai bentuk kebebasan berdemokrasi dan menilai koalisi yang dibentuk oleh sejumlah parpol pendukung calon tunggal, yang dinamakan Koalisi Rakyat Bangka Selatan Bersatu, justru akan mengangkangi demokrasi dengan mengatasnamakan rakyat.

“Kami menilai, koalisi partai-partai politik itu tidaklah mewakili rakyat secara keseluruhan, namun hanya menguntungkan mereka saja,” tegasnya.

Selain itu, ia juga menyebut aksi itu dilakukan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat, bahwa ada kolom kosong jika tidak mau memilih calon tunggal.

“Aksi ini untuk mempromosikan kepada masyarakat bahwa adanya kotak kosong, supaya masyarakat bisa memiliki alternatif di saat partai-partai politik menentukan sikap membentuk koalisi rakyat bersatu, kami juga rakyat disini, jangan sampai masyarakat berpikir tidak ada pilihan lain,” ucapnya.

“Jangan mengatakan koalisi rakyat bersatu, karena kami tidak merasa terwakili apa yang disampaikan mereka itu. Kami juga tidak mengintervensi masyarakat untuk memilih kotak kosong, kami membebaskan, itu sah-sah saja mereka milih yang mana, kalau merasa sekarang ini sudah baik, silakan saja,” imbuhnya.

Pihaknya juga menyatakan, menjunjung tinggi kebebasan berdemokrasi, dan tidak akan melakukan intervensi pada masyarakat untuk memilih kotak kosong, namun tetap memberikan edukasi tentang apa itu kotak kosong.

Dan diakuinya, pihaknya bahkan akan membentuk tim-tim relawan di tingkat Kecamatan untuk membangun kekuatan yang lebih besar.

“Kami juga tidak mengekang kebebasan, kalau mau ikut berkampanye kotak kosong ayo silakan, kami juga rencananya akan membentuk tim-tim relawan di tingkat Kecamatan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *