Dinas KP3 Kota Metro Gelar Kegiatan GPM di Kecamatan Metro Timur

oleh -0 Dilihat
oleh

Poltamnews.com |KOTA METRO 

Pemerintah Kota Metro melalui Dinas KP3 Selenggarakan Kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) Kota Metro, yang berlangsung di lapangan Iring Mulyo Kecamatan Metro Timur, Jum’at (20/10/2023).

Ada pun Paket Sembako Murah tersebut di berpariasi harga, di anataranya, dengan harga 42.000/Paket terdiri dari (Minyak Goreng 1 Liter, Gula 1 Kg,Telur 1 Kg) disamping itu tersedia juga beras SPHP dengan harga 10.200/Kg dan beras TTI dengan harga 11.000/Kg .

Diketahui, acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Metro Bangkit Haryo Utomo, Assisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kepala Dinas KP3 Heri, Kepala Dinas Dukcapil,Kaban Kesbangpol, Kabag Umum, Camat Metro Timur, Lurah se-Kecamatan Metro Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Metro Bangkit Haryo Utomo, menyampaikan bahwa,” Gerakan Pasar Murah (GPM) yang bertujuan untuk menekan Inflasi,” ucapnya.

Lanjut Bangkit, menyampaikan bahwa,”  Di pertanian minggu ketiga kita keliling ke kecamatan, hari ini ada sembako dengan harga Rp. 42.000 isinya telur 1 kg, mmMinyak Goreng 1 Liter, Gula Pasir 1 Kg, mudah mudahan hari ini bisa membantu masyarakat di Kota Metro dan yang penting adalah bisa menekan inflasi,” ungkapnya.

Menurutnya, Tingkat inflasi Kota Metro sekarang masih didalam standar, jadi inflasi di Kota Metrokan bagus, kalau aturannya adalah 3+-1 kita masih dibawah 2, sekian itu pertahun.

Ini salah satunya adalah harga, beras kita sekarang dari bulog mengirim 1,5 Ton dengan harga jual Rp.51.000 per karung itu sudah ada, demikian dengan beras petani harganya 55.000/5kg agak sedikit mahal beras dari petani.

“Nantinya dari Bulog setiap hari akan diprogramkan oleh bulog seharga Rp. 51.000/karung nanti akan dijual didepan kantor kelurahan di 22 kelurahan sé Kota Metro, sudah diprogramkan oleh Bulog dalam waktu dekat ini mereka akan segera ke kelurahan untuk menekan harga beras,” paparnya.

Ditempat yang sama Kabid Ketahanan Pangan Fifi Puspita menyampaikan
bahwa,” Gerakan Pangan Murah ini program dari badan pangan Nasional kita kolaborasikan dengan pasar tani Agroceria untuk selama bulan Oktober ini di luncurkan Gerakan Pangan Murah (GPM) kita menyalurkan 800 paket sembako isinya Minyak Goreng 1 Liter, gula dan telur masing masing 1 kilo seharga Rp.42.000 satu paketnya yang disubsidi pemerintah kota metro jadi Pemkot yang mensubsidi Rp.14.500 kita bekerja sama dengan Bulog jadi suplai nya dari Bulog, GPM ini dibulan Oktober hanya 800 paket,” ungkapnya.

“Kaitannya dengan beras murah kita ada produk yang namanya beras TTI ini disubsidi oleh pemerintah kota metro, sebanyak 1,5 ton, harganya Rp.55.000/5kg itu disubsidi pemerintah kota metro sebesar 2.500 rupiah per kilo,” ucapnya.

“Lalu ada beras SPHP itu beras Bulog, dari pemerintah pusat subsidinya, dan dijual dengan harga 10.200 rupiah per Kg-nya, beras TTI juga dijual sebanyak 1,5 ton jadi total yang dijual hari ini sebanyak 3 ton,” imbuhnya.

Sementara itu Muhammad Asrongi selaku ketua Agroceria menyampaikan bahwa,” Kegiatan Agroceria tingkat Kecamatan Metro Timur, pada hari ini diikuti para pelaku usaha sayuran, buah buahan, dan kuliner, serta sembako murah , juga ada beras SPHP dengan harga 10.200/kg dan beras TTI dengan harga 11.000/kg,” ungkapnya.

“Alhamdulillah pada saat ini antusiasme masyarakat sangat tinggi, dan penjualan sangat memuaskan, peserta Agroceria pada hari ini sebanyak 32 pelaku usaha UMKM,” pungkasnya. (Jjs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *