Antusias Warga Sambangi Penetrasi Pasar Pemkot Metro

oleh -0 Dilihat
oleh

Poltamnews.com | KOTA METRO 

Pemerintah Kota Metro melalui bagian Perekonomian menggelar Penetrasi pasar di lapangan iring mulyo Metro Timur pada Selasa 27/2/2024, masyarakat nampak antusius untuk belanja kebutuhan bahan pokok.

Walikota Metro Wahdi Siradjuddin kepada Awak Media mengatakan, bahwa penetrasi pasar itu merupakan upaya untuk mengatasi inflasi, menurutnya pemerintah selagi administrasi price nya yang sudah ditentukan oleh pusat maka kemampuan daerah adalah faktanya, ketersediaan, keterjangkauan, kemampuan transportasinya, kerjasama antar daerah.

“Kita melihat Kota Metro ini bisa memasok kedaerah lain untuk beras, tetapi price nya sudah ditentukan oleh pusat, kita melihat beras 5 Kg 51.000, 10 Kg kilo artinya 102. 000, harga beras medium sekarang 15.000 yang premium 17.000-18.000. Alhamdulillah artinya kita mampu untuk melakukan penetrasi, tuturnya.

Wahdi mengatakan, masyarakat hendaknya menanam cabe, dia menyebutkan kita telah memberikan bibit cabe kepada masyarakat kurang lebih 55000 bibit untuk ditanam.

Dirinya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong pekarangan rumah untuk menanam cabe atau berbudi daya ikan guna resiliensi kekuatan masyarakat, katanya.

Di tempat yang sama dalam rangka penetrasi pasar itu Yerry Ehwan Asisten II Setda Kota Metro mengatakan, terkait anggaran subsidi pemerintah itu ada tersebar di berbagai OPD, beliau menyebutkan ada yang di dinas perdagangan, pertanian,” ucapnya.

“kalau yang dibagian perekonomian ini tidak ada subsidi ini gelaran, kita mengundang para pelaku usaha mereka kita minta menjual diharga grosir, “ucapnya.

Sementara itu Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Setda Kota Metro Yulia Candra Sari disaat penetrasi pasar itu mengatakan, situasional saat ini terkait harga bahan pokok yang lagi naik, diantaranya beras dan cabe.

Dia menjelaskan bahwasannya pen etrasi pasar itu terselenggara selama dua hari.
Harga beras dan cabe memang sedang naik, untuk itu kita adakan penetrasi pasar selama dua hari tanggal 27 dan 28, bekerjasama dengan Bulog dan distributor”.ungkapnya

Dia mengharapkan mudah-mudahan dengan adanya penetrasi pasar bisa membantu masyarakat.
Mudah-mudahan dengan adanya penetrasi pasar ini dapat sedikit membantu masyarakat, untuk mendapatkan harga komoditas bahan pangan pokok dibawah harga pasar”.ucapnya

Yulia menambahkan bahwasannya untuk ketersediaan beras dari Bulog untuk penetrasi pasar itu ada dua setengah ton pada hari ini, begitu pula untuk hari besok sehingga berjumlah lima ton.

Beliau mengatakan, karena dampak dari Elnino sehingga hasil dari daerah produsen penghasil padi, beras panen tidak maksimal menyebab kan pasokan terbatas, otomatis menyebabkan harga menjadi naik. Untuk kota metro telah diadakan pemantauan dan di distributor insyaallah pasokan aman tapi memang harga mengalami kenaikan,pungkasnya (Jjs).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *