Wandi Pencetus Penanaman Lahan 120 H di Desa Batu Betumpang Harapkan Dukungan Khusunya Pemerintah

oleh -25 Dilihat
oleh

PN.COM|BANGKA SELATAN – Menyadari akan pentingnya peningkatan ketahanan pangan dan meningkatkan perekonomian masyarakat, salah seorang warga Desa Batu Betumpang, Kecamatan Pulau Besar Kabupaten Bangka Selatan, Wandi mencetus ide untuk menanam jagung yang melibatkan sejumlah masyarakat, Rabu 22/06 /2022.

Tidak Tangung-tanggung, penanaman jagung
yang akan dilakukan pada lahan dengan luas mencapai 120 hektar, untuk Wandi berharap mendapat dukungan, khususnya dukungan pemerintah .

” Rencananya 120 hektar lahan tersebut akan dikelola oleh petani, dengan begitu dapat meningkatkan ekonomi masyarakat serta meningkatkan ketahanan pangan, oleh sebab itu dibutuhkan dukungan dari pejabat serta pemerintah daerah agar jagung menjadi produk unggulan Desa Batu Betumpang,“ ucap Wandi.

Jagung adalah komoditi strategis karena produktivitasnya tinggi dan kegunaannya beragam mulai dari pakan, pangan, energi dan bahan baku industri. Permintaan jagung dalam negeri sangat tinggi yang sebagian masih dipenuhi dengan impor. Kenaikan permintaan akan terus terjadi sejalan dengan pertambahan penduduk dan perbaikan kesejahteraan. Hanya saja Produktivitas jagung yang masih sangat rendah menjadi kendala peningkatan produksi.

Sementara itu Camat Pulau Besar.Drs Sapri mengatakan,” Saat ini di Kecamatan Pulau Besar terdapat ratusan hektar lahan pemerintah yang belum dikelola. Menyikapi hal tersebut, Sapri berniat memanfaatkan lahan tidur yang ada di Kecamatan Pulau Besar untuk dirubah menjadi lahan agrobisnis, salah satunya dengan ditanami jagung.

“Tujuan penanaman jagung untuk memanfaatkan lahan-lahan yang masih kosong, jadi jangan sampai lahan yang ada jadi lahan tidur atau semak belukar, kita berusaha memanfaatkan lahan yang ada, untuk sementara jadi lahan pertanian, kedepan, lahan tersebut dapat dimanfaatkan menjadi pemukiman,
Penanamam jagung pada lahan tidur,” tuturnya.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *