Sosialisasi Pengawasan Partisipatif: Bawaslu Basel Libatkan Siswa dan Masyarakat

oleh -63 Dilihat
oleh

POLTAMNEWS.COM | AIR GEGAS

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mengajak siswa dan masyarakat untuk aktif terlibat dalam pengawasan seluruh tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Ajakan tersebut disampaikan oleh Koordinator Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Basel, Azhari, dalam kegiatan sosialisasi bertema “Pengawasan Partisipatif pada Pilkada Serentak Tahun 2024” di lokasi pemancingan Awek Fishing, Desa Bencah, Bangka Selatan, pada Senin (7/9/2024).

Azhari menjelaskan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dan pemilih baru tentang pentingnya pengawasan dalam pelaksanaan pemilu.

“Kami mengajak masyarakat untuk senantiasa berhati-hati dan tidak melakukan pelanggaran, termasuk pemerintah desa,” tegasnya.

Ia juga menyoroti peran masyarakat dalam mencegah potensi pelanggaran Pilkada, yang seharusnya dimulai dari lingkungan keluarga.

“Peran serta masyarakat dalam mengawasi sangat diperlukan karena pemilu atau pemilihan bukan tanggung jawab penyelenggara saja tetapi juga menjadi kewajiban seluruh lapisan masyarakat untuk sama-sama mensukseskan dan mengawal pesta demokrasi agar tidak dicurangi,” ujarnya.

Di sisi lain, Rada, guru SMK N 1 Air Gegas, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kesempatan yang diberikan kepada siswa-siswi untuk mendapatkan pengetahuan di luar sekolah mengenai kepemiluan dan politik saat ini.

“Kami akan transferkan ke siswa-siswi terkait pemilu atau pemilihan agar anak didik kami di sekolah juga tahu tentang bagaimana pemilu dan pemilihan,” katanya.

Sementara itu, Puja, seorang siswi SMA N 1 Air Gegas, merasa senang karena kegiatan ini memberikan banyak ilmu dan pengalaman dalam proses belajar mengajar.

“Sebagai pemilih pemula, saya berharap pemilih pemula di Kabupaten Bangka Selatan dapat menggunakan hak pilih terbaik untuk masa depan,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *