Pemkab Basel Gelar Apel Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024, Fokus pada Pembangunan Kepemudaan

oleh -18 Dilihat
oleh

POLTAMNEWS.COM | TOBOALI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) menggelar apel peringatan Hari Sumpah Pemuda di halaman kantor Bupati pada Senin (28/10/2024).

Acara ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat dan pejabat daerah, menjadi momen penting untuk memperkuat komitmen terhadap pembangunan kepemudaan di Indonesia.

Pjs Bupati Basel, Elfin Elyas yang bertindak sebagai pemimpin upacara, menyampaikan pesan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia RI, Ario Bimo Nandito Ariotedjo.

Dalam sambutannya, beliau menekankan bahwa momentum ini merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk memberikan perhatian yang lebih besar kepada agenda-agenda pengembangan kepemudaan sebagai bagian penting dalam pembangunan Indonesia.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2024 ini bertepatan dengan transisi pemerintahan baru yang diharapkan dapat mengatur langkah bangsa dalam mencapai target pembangunan jangka menengah dan jangka panjang, dengan visi besar Indonesia Emas 2045. Tema yang diangkat, “Maju Bersama Indonesia Raya”, mencerminkan semangat kolektif untuk membangun masa depan yang lebih baik.

Dari Kemenpora, disampaikan bahwa ada kebutuhan mendesak untuk memajukan berbagai elemen pelayanan kepemudaan, agar dapat mencapai kondisi Indonesia yang besar dan sejahtera.

“Upaya ini dilakukan dalam bentuk pemajuan secara bersama, simultan, sinkron, dan terkondisikan dengan sebaik-baiknya, baik tingkat pusat maupun tingkat daerah,” tuturnya.

Ia juga menekankan pentingnya peran pemerintah daerah dalam menggerakkan pelayanan kepemudaan. Hal ini dapat diwujudkan melalui kebijakan dan program yang berkesinambungan, di mana rencana aksi daerah (RAD) menjadi salah satu instrumen kunci.

“Kepedulian kepada pemuda Indonesia harus ditunjukkan melalui perbaikan pelayanan kepemudaan, perbaikan tata kelola, dan dukungan sumber daya, sehingga indeks pembangunan pemuda dapat meningkat,” ujar Elfin.

Selain itu, ia mengajak semua pihak untuk berupaya bersama dalam menentukan langkah-langkah yang dapat mendorong kreativitas dan inovasi pemuda.

“Mari kita bersama-sama membuka kesempatan kepada pemuda Indonesia untuk berpartisipasi dalam seluruh dimensi pembangunan Indonesia sesuai dengan kompetensi masing-masing,” pungkasnya.

Dengan semangat dan komitmen yang ditunjukkan dalam apel ini, diharapkan pemuda Indonesia dapat menjadi motor penggerak dalam pembangunan bangsa, mewujudkan cita-cita bersama untuk Indonesia yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *