Pemkab Basel dan BPJS Ketenagakerjaan Komitmen Tingkatkan Cakupan Layanan Kepesertaan

oleh -182 Dilihat
oleh
Pjs Bupati Bangka Selatan, Elfin Elyas, Forkopimda beserta jajaran BPJS Ketenagakerjaan. (Foto: Diskominfo Basel)
Pjs Bupati Bangka Selatan, Elfin Elyas, Forkopimda beserta jajaran BPJS Ketenagakerjaan. (Foto: Diskominfo Basel)

POLTAMNEWS.COM | TOBOALI

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) mengadakan pertemuan dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan di Rumah Dinas Bupati pada Sabtu (12/10/2024).

Pertemuan ini dihadiri oleh Pjs. Bupati Bangka Selatan, Dr. Elfin Elyas, beserta sejumlah pejabat terkait dan pimpinan BPJS Ketenagakerjaan.

Di kesempatan tersebut, Elfin mengungkapkan, bahwa pihaknya berkomitmen memperkuat sinergitas untuk meningkatkan cakupan kepesertaan BPJS ketenagakerjaan di Bangka Selatan.

“Kedatangan teman-teman BPJS Ketenagakerjaan ini dalam rangka memperkuat sinergitas untuk meningkatkan cakupan kepesertaan di Bangka Selatan. Kita Pemkab Bangka Selatan tentu saja berkomitmen untuk mewujudkan hal tersebut. Saat ini seluruh pegawai baik PNS, PPPK, PHL, aparatur kelurahan dan desa sudah tercover,” ungkapnya.

Sedangkan, lanjut Elfin, bagi pekerja perusahaan, pekerja non formal termasuk pekerja rentan, juga akan terus didorong untuk mendapatkan keikutsertaan BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

“Untuk itu, kolaborasi dan komitmen kuat dari berbagai pihak sesuai dengan kewenangan dan kewajibannya akan sangat dibutuhkan,” tegasnya.

Berdasarkan laporan yang ia terima, Elfin memaparkan bahwa cakupan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Bangka Selatan saat ini berkisar 21 persen, angka ini meningkat dari sebelumnya.

Ia juga menggarisbawahi bahwa sejalan dengan program prioritas nasional terkait penghapusan kemiskinan ekstrem, perluasan cakupan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan akan fokus pada pekerja rentan, seperti nelayan, petani, dan buruh.

“Oleh karena itu, sinergi program dari dinas terkait seperti dinas sosial, dinas tenaga kerja, dinas pemberdayaan masyarakat dan desa harus semakin diperkuat,” tandasnya.

Upaya ini menunjukkan komitmen Pemkab Bangka Selatan dan BPJS Ketenagakerjaan dalam meningkatkan perlindungan sosial bagi masyarakat, terutama bagi pekerja yang selama ini belum terlayani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *