Peduli Lingkungan, Kodim 0432/Bangka Selatan Lakukan Aksi Penanaman Pohon

oleh -0 Dilihat

Poltamnews.com |BANGKA SELATAN – Komando Distrik Militer (Kodim) 0432/Bangka Selatan, melakukan aksi penanaman pohon. Aksi ini dilakukannya atas kepeduliannya dalam menjaga serta menangani krisis lingkungan di wilayah tersebut.

Kegiatan tersebut, dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0432/Basel, Letkol. Inf. Gani Rachman, diikuti anggota Makodim serta Instansi terkait yang ada di kabupaten Bangka Selatan.

“Penghijauan ini merupakan program serta perintah dari komando atas yang harus dilaksanakan oleh seluruh satuan jajaran TNI AD,” ujar Gani, kepada wartawan usai melakukan aksi penghijauan di Kawasan Parit 3, Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan, Jum’at (8/12/2023) pagi.

Dikatakan Gani, kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT ke 78 tahun kodam II/Sriwijaya.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT Kodam II/Sriwijaya Ke – 78 tahun yang menitik beratkan mengantisipasi banjir dan wabah penyakit karena kita sudah memasuki musim penghujan yang bibit penyakit pasti berhubungan dengan air,” jelasnya.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan ini, Kodim 0432/Basel melakukan penanaman pohon sebanyak 150 pohon yang berjenis Pinang Batara.

“Untuk jumlah pohon yang kita tanam itu berjumlah 150 Pohon jenis pohon pinang batara di hutan lindung lubuk besar,” jelasnya.

Sebelumnya, kata Gani, pihaknya sudah melaksanakan pembersihan pasar dan di hari ini melaksanakan penanaman pohon, dengan harapan daerah-daerah yang tandus dapat menjadi resapan air, agar mencegah terjadinya banjir.

“Dengan kegiatan penghijauan ini diharapkan dapat mengurangi dampak kerusakan lingkungan yang dapat mengakibatkan rawan longsor, banjir dan kekeringan dan membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan gerakan, serta menjaga dan melestarikan lingkungan hidup di wilayah Kodim 0432/Basel,” ujarnya.

Gani berharap kegiatan penanaman pohon ini bukan hanya sekedar seremonial saja namun juga selalu kita pelihara yang tujuan nantinya untuk generasi penerus kita dan dapat dirasakan manfaatnya oleh anak cucu kita dimasa mendatang.

“kegiatan ini kami serahkan kepada pemkab Basel untuk kelanjutan nya, kami TNI Polri dan yang lain siap mendukung, kegiatan ini juga kita bisa lakukan secara masif secara beramai-ramai tidak hanya sekali,” tuturnya.

Sementara itu, Asisten I Pemerintah Kesra Sumindar berharap, apa yang telah diupayakan oleh Kodim 0432 Bangka Selatan, beserta anggota prajurit yang lain senantiasa mendapatkan limpahan berkah dan selamat dari Allah SWT.

“Atas nama pemerintah Bangka Selatan mengucapkan terima kasih yang luar biasa kepada Kodim 0432/ Bangka Selatan yang telah menginisiasi karya bakti menanam pohon supaya lingkungan kita terjaga dengan baik dan tidak panas yang semuanya digunakan atau dikhususkan untuk kemaslahatan umat banyak khususnya masyarakat Bangka Selatan,” kata Sumindar.

Disamping itu, ia juga mengucapkan selamat memperingati HUT Kodam II/ Sriwijaya yang ke-78 tahun, selamat melaksanakan karya bakti, kami rakyat akan bersama-sama dengan TNI menjaga bangsa, menjaga kebersihan dan menjaga keteguhan alam.

“Selamat dan sukses, mudah-mudahan niat baik Bapak Dandim 0432 / Bangka selatan menjadi satu inovasi , menjadi satu Semangat bagi kita Masyarakat menjaga lingkungan kita,” tutupnya.

Dalam kegiatan ini turut hadir Komandan Kodim 0432/Bangka Selatan Letkol Inf Gani Rachman, Asisten I Pemerintah Kesra Pemkab Basel (Sumindar), Kasdim 0432/Basel (Mayor Arm Frengky Tri wibowo), Kasi Datun Kejaksaan Negeri (A. Saputra), Ketua Persit KCK LVI (Nyo Anita Gani Rachman), Dinas Lingkungan Hidup (Nudik), Kepala Bank Sumsel (Sudianto), Pasi Ter. Kodim 0432/Basel (Kapten Arm Roni M), Pasi Log Kodim Basel (Kapten Inf Aritonang), Pasi Per Kodim 0432/Basel (Letda Inf Risdam), Kasat BinmasPolres Basel (Iptu Deka),Lurah Toboali (Susanto), Kades Gadung (Nur Iskandar), Satpol PP Basel (Apriyono), Ketua Senkom (Muslim), Perwakilan Dinsos (Aleo), Lurah Toboali (Susanto), Anggota Persit KCK cabang LVI Kodim 0432/Basel, Anggota FKPPI, Masyarakat Toboali. (Hen)

 

PENDIM 0432/BANGKA SELATAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *