Pawai Baris Berbaris Semakarakkan HUT Kemerdekaan RI ke 78

oleh -0 Dilihat

Poltamnews.com – Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke- 78 tahun ini, Alhamdulillah SD Negeri 52 Pangkalpinang ikut berperan serta memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke 78 dengan menampilkan pawai baris berbaris indah Sabtu, 26 Agustus 2023 sebagai wujud rasa cinta terhadap tanah air Indonesia , menanamkan jiwa patriotisme yang kuat dan tangguh, yang diwujudkan dalam Latihan fisik, dan membentuk mental yang kuat dan perkasa.

Sehingga terbentuknya sikap berkarakter dan jasmani yang tegap. Serta menumbuhkan rasa persatuan, disiplin, kekompakan dan percaya diri, rasa tanggungjawab,kepedulian sesama peserta pawai baris berbaris.

Salut dan bangga dengan peserta didik yang talah dipilih untuk mengikuti pawai baris berbaris dengan Latihan mempersiapkan pawai HUT Kemerdekaan sangat menguras tenaga , waktu dan pikiran, di mana peserta didik juga harus mengorbankan waktu belajar di kelas karena Latihan baris berbaris saat pembelajaran di waktu pagi , ketika pagi baik sekali untuk berlatih.

Dikarenakan pelatih dan peserta didik , fisik masih segar bugar dan Latihan masih semangat. Memang diawal Latihan dan menumbuhkan jiwa semangat peserta didik bukanlah suatu hal yang mudah perlu kesabaran dan keikhlasan yang ekstra bagi pelatih pawai baris berbaris dan harus memiliki fisik yang kuat.

Terbukti peserta didik masih banyak yang fisik lemah sehingga perlu pembiasaan yang setiap hari Latihan dan Latihan. Dan juga dukungan dari orang tua tidak sepenuhnya mensuport Ketika anak mereka sudah dipilih oleh pelatih dengan berbagai alasan anaknya tidak diperbolehkan ikut pawai baris berbaris.

Berkat kerjasama dengan Bapak ibu guru kami mengadakan pertemuan dengan orang tua dan rembuk untuk dapat mengizinkan anak ikut pawai baris berbaris sebagai perwakilan sekolah atau duta sekolah. Dan kita tidak tahu rezeki dari peserta didik dari ilmu baris berbaris yang sudah diajarkan serta pengalaman mereka.

Menjadikan bekal ke depan dan bisa terpilih menjasi pasuka paskibraka apakah tingkat kota, provinsi atau bahkan tingkat nasional mewakili atau duta provinsi BangkaBelitung. Dan betapa bangga dan bahagia nya orang tua itu semua dalam proses dan kerja keras menuju keberhasilan dan kesuksesan.

Banyak sekali manfaat dari baris berbaris ini antara lain menanamkan kebiasaan peserta didik baik dalam hal membentuk watak dan sikap yang positif baik sikap lahir maupun bathin. Sikap lahir yang diperoleh misalnya keseragaman, ketangkasan, kesigapan, kelincahan, keindahan, kerapian, ketanggapan, ketertiban, kewajaran tenaga, kekhidmatan, kesopanan, kekompakan, dan ketelitian.

Adapun sikap bathin yang diperoleh ketenangan, keberanian, ketaatan, kekuatan, ketegaran, keikhlasan, kesadaran dan jiwa yang kuat dari peserta didik. Berkat Latihan yang gigih dan pantang menyerah, tepatnya Sabtu 26 Agustus 2023 pada acara puncak moment menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI yang ke 78 satu regu putri SD Negeri 52 Pangkalpinang berjuang dan berlaga di moment HUT Kemerdekaan RI yang ke 78 yang mulai start di alun- alun 0 kilometer, dengan peluh keringat, derap Langkah yang tegap dan siga pmengayunkan tangan dan kaki, terus berpacu dengan tenaga, semangat yang luarbiasa.

meskipun apapun yang terjadi seperti cuaca yang sangat panas namun tidak menyurut semangat mereka melaju terus dan bertekad sampai finish dan siap terus menuju ke finih dan Alhamdulillah detik- detik menuju finishpun tinggal beberapa langkah sehingga sampai di finish.

Tanpa ada hambatan yang berarti, syukur yang tak terhingga regu putri SD Negeri 52 Pangkalpinang dapat menyelesaikan satu tugas perjuangan membawa nama sekolah sebagai duta perwakilan sekolah dalam momentum sebagai generasi emas, generasi penerus harapan orang tua, harapan masyarakat dan harapan bangsa dan menjadi cikal bakal generasi yang cerdas, berkarakter dan berakhlak. Terus maju untuk Indonesia Maju.

Karena Bangsa yang Besar adalah Bangsa yang Menghargai pahlawannya, keteladan dari para pejuang bangsa ditunjukkan dengan semangat perjuangan dan pengorbanan khususnya peserta didik SD Negeri 52 Pangkalpinang satu regu putri yang dapat menuntaskan keikursertaan pawai baris berbaris sampai finish dengan selamat.

Kami mewakilli keluarga besar SD Negeri 52 Pangkalpinang mengucapkan terima kasih atas dukungan orang tua peserta didik dalam menduung dan memajukan sekolah. Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 78 dan semoga berjumpa lagi tahun depan HUT Kemerdekaan RI yang ke-79.

 

Disusun Oleh : Susana, S.Pd.SD, Kepala Sekolah SD Negeri 52 Pangkalpinang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *