,

Metrologi Legal DKUKMINDAG Basel Uji Tera Pompa Ukur BBM di SPBU

oleh -0 Dilihat

Poltamnews.com, Bangka Selatan – Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka Selatan melalui UPT Metrologi Legal melakukan tera ulang Pompa Ukur BBM di tiga Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum di wilayah Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan.

“Iya, UPT Metrologi sudah melakukan uji tera di tiga SPBU yaitu, SPBU 24.331.134 Dusun Parit 9, SPBU 24.331.130 Puput, dan SPBU 24.331.99 Desa Gadung,” kata Plt. DKUKMINDAG Basel, M. Ikbal, kepada Sekilasindonesia.id, Rabu (26/7/2023).

Ikbal menerangkan, kegiatan uji tera tersebut dilakukan sejak tgl 24 juli 2023 hingga hari ini. Hal ini guna untuk mengecek perlengkapan pompa ukur BBM seperti, alat ukur, takar, timbang dan Perlengkapan lainnya. Karena alat tersebut langsung digunakan untuk masyarakat umum.

“Semua alat itu harus ada jaminan, sehingga keakuratannya bisa dipastikan dan dipertanggungjawabkan, seperti juga alat pompa ukur BBM baik di SPBU maupun Pertashop, dan itu wajib dilakukan tera ulang setiap tahunnya,” bebernya.

“Hal ini bermaksud untuk menjamin keakuratan takaran BBM yang diterima masyarakat sebagai salah satu bentuk perlindungan konsumen,” ujarnya.

Ikbal menjelaskan, dari hasil uji tera, sejauh in tidak ditemukan adanya kecurangan pada pompa BBM ataupun nozzel di tiga SPBU tersebut. Semuanya masih dalam batas toleransi serta dijamin keakuratannya.

“Dari hasil pengecekan, alhamdulillah seluruh nozzle di SPBU yang di tera ulang sampai dengan hari ini semuanya sudah dalam batas toleransi yang diperbolehkan sesuai UU yang berlaku dan telah di segel ulang untuk menandakan bahwa pada tahun berjalan, pompa ukur BBM tersebut telah ditera ulang dan dijamin keakuratannya” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *