Kebakaran di Pangkalpinang Hanguskan 22 Hektar Lahan dan 24 Mobil Aset Pemkot

oleh -1765 Dilihat
oleh

POLTAMNEWS.COM | PANGKALPINANG

Kebakaran hutan dan lahan menggemparkan warga Perumahan Damai Lestari 6, Kelurahan Air Itam, Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinang, pada Sabtu (7/9/2024) sekitar pukul 12.58 WIB.

Tim pemadam kebakaran (Damkar) dan penyelamatan Kota Pangkalpinang pun langsung diterjunkan ke lokasi kejadian. Api berhasil dipadamkan sepenuhnya pada pukul 16.48 WIB setelah berkobar selama hampir empat jam.

Sebanyak 22 hektar lahan dan 24 unit mobil aset Pemkot Pangkalpinang ikut hangus terbakar dalam peristiwa ini. Petugas mengerahkan 6 unit kendaraan untuk memadamkan api yang terus menjalar.

Tindakan Cepat Tim Pemadam

Setibanya di lokasi pada pukul 13.06 WIB, tim damkar langsung melakukan observasi untuk menentukan langkah selanjutnya.

Setelah mempersiapkan segala peralatan, proses pemadaman pun dimulai. Berkat kerja keras seluruh personel yang terdiri dari berbagai sektor, api berhasil dijinakkan.

Sejumlah personel dari berbagai sektor dikerahkan untuk menangani kebakaran ini, di antaranya personel Sektor Pangkal Balam (Rusunawa), personel Sektor Gabek (Pinang 1), personel Sektor Girimaya (Induk), personel Sektor Bukit Intan (Temberan), Komandan Regu 1 Arbian, Novan Arnol, Handoko, dan Riandi Dwi Saputra serta Komandan Peleton 1, Hairil.

Edukasi untuk Warga

Selain melakukan pemadaman, tim pemadam kebakaran juga memberikan edukasi kepada warga sekitar. Warga diminta untuk segera melaporkan jika melihat adanya tanda-tanda kebakaran, ular, atau tawon.

Nomor call center Damkar Kota Pangkalpinang dapat dihubungi di 0811-7111-182.

Sinergi Antar Instansi

Keberhasilan dalam memadamkan kebakaran ini tidak lepas dari sinergi yang baik antar instansi. Selain Damkar Kota Pangkalpinang, instansi lain seperti BPBD Kota Pangkalpinang, Damkar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan Polda Kepulauan Bangka Belitung juga turut memberikan bantuan.

Imbauan bagi Masyarakat

Peristiwa kebakaran ini menjadi pengingat bagi kita semua akan pentingnya menjaga lingkungan.

Masyarakat diimbau untuk tidak membakar sampah sembarangan dan selalu waspada terhadap potensi kebakaran, terutama saat musim kemarau.

Kontak Damkar Kota Pangkalpinang:

Alamat: Jalan Rasakunda Kelurahan Girimaya, Kecamatan Girimaya, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 33141

  • Telp/Fax: 0811-7111-182
  • Email: damkarpgk@gmail.com
  • Facebook: Damkar Pangkalpinang
  • Instagram: @humaspolppdamkar_pkp
  • Tiktok: @humassatpolppdamkar_pkp

Disclaimer: Berita ini disusun berdasarkan data yang tersedia. Informasi dapat berubah sewaktu-waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *