Dari Kampus ke Kelas: Para Mahasiswa ini Jadi Guru Bahasa Inggris di SDN 9 Namang

oleh -7 Dilihat
oleh

POLTAMNEWS.COM | NAMANG — Sejak 9 September lalu, para mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Bangka Belitung (UBB) dari Jurusan Sastra Inggris (SASING) ini telah menjalankan program kerja (proker) untuk menjadi guru pengajar bahasa Inggris di SD Negeri 9 Namang tepatnya di Desa Baskara Bhakti, Kabupaten Bangka Tengah.

Wiwinda, Penanggung Jawab program tersebut mengatakan, bahwa program ini bertujuan untuk memberikan akses pendidikan bahasa Inggris yang berkualitas kepada siswa, yang semakin penting di era globalisasi saat ini.

Ia menambahkan, bahasa Inggris dikenal sebagai bahasa internasional yang banyak digunakan hampir di seluruh negara, sehingga mempelajarinya akan membuka wawasan tentang pengetahuan dunia.

“Dengan mempelajari bahasa Inggris sejak dini, para siswa SD ini berpeluang dan berkesempatan untuk belajar bahkan bekerja di luar negeri di masa depan, serta membuka wawasan mereka terhadap pengetahuan dunia,” kata Wiwinda kepada poltamnews.com, pada Sabtu (26/10/2024).

Selain itu, lanjut Wiwinda, dengan belajar bahasa Inggris dapat memudahkan mereka untuk memahami informasi berbahasa Inggris yang bersumber dari film, lagu, maupun internet, agar dapat meningkatkan keterampilan komunikasi mereka.

Wiwinda juga mengungkapkan, bahwa pengalamannya semasa SD dulu telah memotivasi dirinya untuk mengajarkan bahasa Inggris. Ia menceritakan tentang sebuah lomba yang pernah diikutinya, di mana kemampuan bahasa Inggris menjadi faktor penentu.

“Pengalaman itulah yang mendorong saya untuk belajar dan memberikan kesempatan yang sama kepada adik-adik di SDN 9 Namang ini,” ujarnya.

Wiwinda juga menceritakan awal mula program kerja itu berjalan. Kedatangan mereka disambut antusias oleh para siswa dan pihak sekolah pun mendukung penuh program kerja tersebut.

“Siswa-siswi di SDN 9 Namang sangat ramah, antusiasme mereka saat menyambut kedatangan saya dan teman-teman KKNT lainnya membuat kami terkesima. Bahkan ada yang menggelayut, enggan melepaskan teman saya,” ucapnya.

Namun tak terasa, dirinya dan rekan-rekan sudah berada di penghujung masa KKNT, dan bersyukur program pengajaran di SDN 9 Namang itu telah selesai dengan lancar dan sukses.

“Alhamdulillah, program pengajaran kami berjalan lancar berkat dukungan penuh dari kepala sekolah dan seluruh guru di SDN 9 Namang. Kami bersyukur dapat memberikan sedikit ilmu yang kami miliki kepada adik-adik di sini,” tuturnya.

Tak lupa ia juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak sekolah yang telah berkoordinasi dengan baik dan merespon positif selama berjalannya proker tersebut.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 9 Namang, Muhammad juga mengungkapkan rasa syukurnya dan merespon positif program tersebut.

“Kami mengapresiasi proker ini, mengingat sekolah ini belum memiliki pengajar bahasa Inggris profesional. Kehadiran mereka sangat membantu kami,” ungkap Muhammad.

Muhammad juga menekankan pentingnya kolaborasi antar pihak sekolah dan perguruan tinggi di dalam mendukung program kerja yang positif seperti ini.

“Kami akan mendukung kegiatan positif seperti ini. Ini adalah win-win solution bagi kita semua. Mari kita saling mendukung satu sama lain dan saling bahu membahu dalam bekerja,” tuturnya.

Dengan proker ini, para mahasiswa UBB ini berharap dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi pendidikan di Desa Baskara Bakti itu, membangun jembatan bagi generasi muda untuk memasuki dunia yang lebih luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *