Bawaslu Basel Buka Rekrutmen 300 PTPS untuk Pilkada 2024

oleh -578 Dilihat
oleh
Ketua Bawaslu Bangka Selatan, Amri. (Sumber: Bawaslu)

POLTAMNEWS.COM | TOBOALI

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan membuka rekrutmen 300 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Ketua Bawaslu Bangka Selatan, Amri menyebutkan, bahwa rekrutmen pengawas TPS itu akan berlangsung selama 16 hari yang dimulai sejak 12 September hingga 28 September mendatang.

“Rekrutmen PTPS untuk Pilkada 2024 ini akan dilakukan melalui Panitia Pengawas Pemilu di Kecamatan masing-masing,” kata Amri di Toboali, Kamis (12/9/2024).

“Kami membutuhkan 300 orang PTPS pada Pilkada serentak 2024 sesuai dengan jumlah yang ditetapkan oleh KPU dalam Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) yakni 300 TPS, setiap TPS ada pengawas satu orang,” imbuhnya.

Amri berujar, dalam tahapan rekrutmen PTPS itu akan mencakup pendaftaran dan penerimaan berkas, penelitian kelengkapan berkas, hingga tes wawancara.

“Untuk penetapan dan pengumuman calon terpilih pada 23-25 Oktober 2024, lalu pelantikannya dijadwalkan pada 3-4 November nanti,” sebutnya.

“Rekrutmen ini bisa kami perpanjang jika ada TPS yang belum terisi pengawas yakni mulai 5 sampai 20 November 2024,” tambahnya.

Ia pun mengajak bagi masyarakat yang berminat menjadi anggota PTPS untuk Pilkada 2024, dapat melakukan pendaftaran melalui panitia rekrutmen di kantor Sekretariat Panwascam setempat.

“Rekrutmen PTPS terbuka untuk masyarakat yang berusia minimal 21 tahun, berintegritas tinggi, berdomisili di kecamatan setempat, dan tidak terafiliasi parpol dalam lima tahun terakhir ini,” ujarnya.

Amri juga mengimbau kepada seluruh panitia rekrutmen PTPS di setiap Kecamatan untuk melakukan rekrutmen secara transparan.

“Lakukan secara jujur, adil dan transparan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *