Bawaslu Bangka Selatan Perkuat Kelembagaan Jelang Pemilu

oleh -500 Dilihat

PN.COM, BANGKA SELATAN – Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan, Azhari mengatakan upaya penguatan atas kelembagaan menjelang tahapan pemilu 2024 sangat diperlukan.

Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas kelembagaan terhadap Panwaslu baik pengawas Kecamatan, Kelurahan maupun Desa, agar dapat bekerja lebih efektif dan efisien dalam menjalankan tugasnya.

Demikian disampaikan Azhari, disela pelaksanaan kegiatan fasilitasi pembinaan dan penguatan kelembagaan Bawaslu di hari kedua yang berlangsung di Grand Marina Hotel Toboali, Sabtu (24/6/2023) pagi.

“Terkait penguatan atas kelembagaan yang bersifat basic, wajib ditingkatkan oleh Pangawas Kecamatan, Kelurahan Desa (PKD) agar pola hubungan kelembagaan baik internal dengan eksternal dapat berjalan dengan baik,” kata Azhari.

Ia berharap, melalui kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) ini seluruh jajaran pengawas adhoock bisa melaksanakan tugasnya sebagai Panwaslu agar tahapan pemilu 2024 kedepan dapat terlaksana dengan baik.

“Kami berharap sepulang bimtek ini mereka dapat melaksanakan giat – giat pengawasan agar pengawasannya lebih maksimal, terutama mereka yang sudah kita bekali form A atau laporan hasil pengawasan. Jadi mereka harus menguasai itu,” harapnya.

Lebih lanjut, ia menekankan kepada Panwaslu untuk dapat menguasai atau menuangkan segala hasil pengawasannya kedalam hasil laporan pengawasannya atau kedalam form A tersebut.

“Jadi fungsinya mereka harus menuangkan segala hasil laporan pengawasannya kedalam Form A, sehingga kita tahu apa yang mereka lakukan dalam pengawasan di wilayah mereka masing-masing, baik itu Panwascam ataupun pengawas kelurahan desa,” imbuhnya. (Hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *