PLT. Perumdam Tirta Pinang Dr. Mas Agus Hakim Himbau Masyarakat Terkait Kendala Terhadap Pelanggan Akibat Kemarau Panjang

oleh -450 Dilihat

Poltamnews.com|Pangkalpinang  – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Pinang mulai mengalami kendala dalam mendistribusikan air bersih untuk masyarakat terutama kepada para pelanggan akibat kemarau berkepanjangan.

Plt Direktur Perumdam Tirta Pinang, DR dr Mas Agus Hakim saat dikonfirmasi mengatakan kemarau panjang yang melanda Kota Pangkalpinang menyebabkan kekeringan pada sumber air baku di tiga titik seperti Kolong Kacang Pedang, Kolong Pedindang dan Kolong Bacang.

Kata Hakim, sumber air baku Kolong Kacang Pedang saat ini hampir habis. Apabila tidak ada hujan yang cukup maka hitungan hari paling lama lebih kurang 5 hari sumber air baku tersebut akan habis.

“Sumber air baku Kolong Kacang Pedang saat ini tinggal beberapa cm lagi bahkan untuk pompa intake tidak bisa dioperasikan lagi,” ucapnya.

Hakim juga menyampaikan kondisi terkini sumber air baku Kolong Pedindang hampir tidak bisa diharapkan dikarenakan kondisi fisik air yang sangat keruh hingga 4.000 NTU .

“Kondisi air di sungai Pedindang saat ini sangat kental bercampur dengan lumpur ditambah di sana adanya pembangunan proyek inlet yang baru,” katanya.

Sementara sumber air baku kolong Bacang masih sedikit bisa diupayakan dengan menambah pipa dan pompa jauh ke tengah Kolong Bacang.

Hakim mengimbau kepada masyarakat terutama untuk pelanggan untuk tetap bersabar. Jika ada masyarakat yang komplain dengan adanya kekurangan air mohon untuk dimaklumi.

“Mengatasi situasi ini kami telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meminimalkan dampaknya, termasuk mengoptimalkan produksi air , mengelola jaringan distribusi . Dalam upaya itu pelanggan akan mengalami kendala seperti penurunan tekanan air, penjadwalan distribusi yang berubah atau lebih terbatas dan kemungkinan penghentian sementara pasokan air dalam beberapa area,” tutupnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *