Bupati Basel Berikan Bantuan ke Penderita Asam Urat Di Desa Bukit Terap

oleh -0 Dilihat

Poltamnews.com, TUKAK SADAI – Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid berikan bantuan kepada pria paruh baya warga di Desa Bukit Terap, Kecamatan Tukak Sadai, Kabupaten Bangka Selatan, Rabu (6/9/2023) siang.

Bantuan yang diberikan oleh Bupati Riza Herdavid kepada Muhammad Ichsan (50) di kediamnya tersebut berupa uang tunai, dan tongkat kaki alumunium serta mendatangan Kepala Dinas DKPPKB Basel dr. Agus Pranawa untuk melakukan pendataan agar bisa ditindaklajuti dalam hal berobat gratis ke RSUD Basel.

Tampak, orang nomor satu di Basel berbincang – bincang sebari menyemangati untuk tetap bersemangat melawan penyakit yang di derita bapak Ichsan yang sudah mempunyai riwayat penyakit komplikasi sebelumnya.

“Fungsinya gelaran Aik Bakung di setiap desa memang seperti ini, jadi pemerintah daerah datang langsung untuk masyarakat guna melihat dan mendengar keluhan dan aspirasinya serta bisa exsikusi ditempat kalau hal yang ringan,” katanya.

“Tentunya, memang kebiasaan aik bakung begini, biasa dari Dinsos dan Baznas Basel akan melakukan survey terlebih dulu terkait apa keperluan yang urgensi di Desa yang akan dikunjungi seperti di desa Bukit Terap hari ini,” tambah Riza.

Disampaikan Riza, dari hasil survey dari Dinsos dan Baznas Basel salah satunya adalah keluarga Ichsan berupa pintu dan jendela tidak punya engsel dan juga alat bantu jalan hanya menggunakan tongkat kayu.

“Sekarang kita ganti tongkat kayu dengan tongkat kaki alumunium dan kita bantu juga berupa uang tunai buat beli kebutuhan pokok, karena memang bapak Ichsan merupakan sebagai tulang punggung keluarga, selamaa tiga bulan terakhir ini kena asam urat sehingga tidak bisa berjalan normal seperti sebelumnya,” ujarnya

Ia mengungkapkan sudah memberitahukan bahwa sekarang berobat sudah gratis dan RSUD Basel sudah punya dokter spesialis saraf tinggal hanya saja harus minta rujukan terlebih dulu dari Puskesmas.

“Tadi saya bilang bahwa sekarang berobat sudah gratis tampa biaya lagi, akan tetapi bapak Ichsan harus minta rujukan terlebih dulu dari Puskesmas dan akan ditangani oleh dokter saraf dan proses sudah mulai berjalan. kita minta pihak desa memantau seperti apa perkembangannya, tapi kalau tidak bisa tertangani oleh desa, kami pemerintah daerah siap menanganinya,” ungkap Riza.

Disebutkan Riza, bahwa Pemkab Basel akan terus mengupayakan untuk menyentuh masyarakat secara langsung guna bisa memahami apa saja keperluan memang benar-benar butuh sentuhan dari tangan pemerintah.

“Kami dari Pemkab Basel akan tetap terus mengupayakan menyentuh secara langsung masyarakat Basel sehingga bisa memahami kondisi ataupun keperluan yang diingikan oleh masyarakat dengan sentuhan dari tangan pemerintah. Tapi dalam hal ini, saya yakin Kades Terap bisa menempatkan diri dengan berkolaborasi bersama pemerintah daerah untuk menjawab keluhan warganya secara bersama-sama,” sebutnya.

Menurut, Ichsan warga Desa Terap menjelaskan jika penyakit yang dialaminya saat ini sudah terbilang komplikasi atau sudah banyak.

“Kalau penyakit yang saya alami saat ini sudah sudah banyak. Sakit paru-paru sudah 3 bulan, sakit gula hampir 2 tahun dan asam urat sudah 17 tahun lebih. Nah, sekarang kondisi kaki saya sudah bengkak-bengkak lagi, karena semenjak gula naik juga badan jadi kurus sekarang,” jelasnya.

Ia mengungkapkan sangat beryukur sekali dapat bantuan tongkat kaki dari Pamkab Basel, karena sudah tiga bulan terakhir ia menggunakan tongkat kayu sebagai alat pembantu untuk berjalan maupun berdiri.

“Alhamdulillah, terima kasih atas bantuan dari bapak Bupati, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk saya. Semoga allah swt selalu memberikan bapak Bupati Riza Herdavid keberkahan, kesehatan, diberikan kemudahan disegala urusan dan juga dipanjangkan umurnya,” tutup Ichsan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *