Pemasangan 100 Persen Inconet di Pulau Lepar Diresmikan

oleh -0 Dilihat

Poltamnews.com, LEPAR – Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid menghadiri peresmian Pulau Lepar Pulau 100% ICONNET Program Penyerahan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan PLN Icon Plus di Kecamatan Lepar, Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (5/9/2023).

Adapun tujuan ICONNET ke Pulau Lepar tersebut sebagai sarana untuk mendukung program pemerintah dalam memberikan akses internet yang merata di seluruh wilayah di Indonesia, seperti pendidikan, kreatifitas dan mendorong tumbuhnya produktifitas serta kegiatan ekonomi digital.

Dalam acara peresmian tersebut turut dihadiri Direktur Bisnis Konektivitas PLN ICON Plus, Sigit Witjaksono, Ketua DPRD Basel, Erwin Asmadi, Kepala Dinas ESDM Babel, Amir Syahbana, GM PLN UIW Babel, Mohammad Munief Budiman, perwakilan Muspida beserta warga masyarakat Pulau Lepar.

Bupati Basel Riza Herdavid menyampaikan apresiasinya kepada PLN ICON Plus atas kehadiran ICONNET sudah menjangkau masyarakat di Pulau Lepar.

“Alhamdulillah, saya sangat apresiasi sekali kepada PLN ICON Plus yang telah bersedia menghadirkan ICONNET di wilayah Pulau Lepar. Dengan hadirnya program seperti ini dapat berkesempatan untuk mendapatkan akses internet yang sama dengan daerah lainnya,” ujarnya.

Ia mengatakan kepada seluruh masyarakat Lepar agar bisa betul-betul memanfaatkan apa yang sudah dihadirkan di Pulau Lepar hari ini.

“Kepada masyarakat adanya ICONNET di Pulau Lepar harus benar-benar bisa memanfaatkan untuk hal yang positif dan produktif sesuai dengan fungsinya yang baik,” kata Riza.

Bupati Riza berharap kepada PLN ICON Plus supaya program-program seperti ini juga dapat hadir dan menyasar pulau lainnya di di wilayah Basel yang butuh kehadiran ICONNET.

“Harapan kami dari pemerintah daerah, semoga program ini tidak hanya berhenti di Pulau Lepar saja, akan tetapi masih berkelanjutan di beberapa pulau lagi di daerah Basel yang masih blank spot dan butuh kehadiran PLN ICON Plus,” harapnya.

Sementara itu, Direktur utama PLN ICON Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi melalui Direktur Bisnis Konektivitas Sigit Witjaksono mengatakan bahwa hadirnya layanan internet ICONNET ke Pulau Lepar adalah untuk mendukung program pemerintah dalam memberikan kesempatan akses internet fix broadband secara merata diseluruh Indonesia.

“Dengan meratanya di seluruh Indonesia, bisa mendukung program pemerintah seperti pendidikan, mendorong tumbuhnya produktifitas, kreatifitas serta kegiatan ekonomi digital. Perlu kita ketahui bersama bahwa ICONNET bisa hadir di Pulau Lepar berkat dukungan infrastruktur kabel fiber optic yang ada pada jaringan kabel bawah laut milik PLN dengan panjang kurang lebih 20 kilometer,” katanya.

“Kabel laut dengan panjang kurang lebih 20 kilometer untuk menghubungkan Pulau Bangka, tepatnya dari Basel ke Pulau Lepar tidak saja menghadirkan layanan kelistrikan tapi sekaligus jaringan internet,” tambah Sigit.

Tidak hanya itu, Sigit mengungkapkan sebagai bentuk tanggungjawab sosial terhadap lingkungan sekitar, pihak PLN ICON Plus melalui program PLN Peduli Pendidikan juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada sekolah yang ada di Pulau Lepar.

“Seperti memberikan bantuan fasilitas internet gratis selama 1 tahun kepada 10 sekolah, mulai dari TK, SD, SMP dan SMA yang ada di Pulau Palar, di masing-masing sekolah juga mendapatkan bantuan 2 unit Laptop dalam mendukung kegiatan pembelajaran digital,” ungkapnya.

Ia juga menyebutkan telah memberikan bantuan berupa fasilitas Free Internet Desa di ruang publik yang dapat dimanfaatkan bersama-sama oleh masyarakat setempat.

“Selain bantuan fasilitas. Kami juga membangun Gapura ICONNET untuk menyambut masyarakat yang baru tiba di Pulau Lepar hingga bantuan prasarana untuk kebersihan” tutup Sigit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *