Himpunan Mahasiswa Agribisnis Babel Gelar Bina Desa di Kebun Lada Desa Nyelanding

oleh -221 Dilihat

PN.COM, BANGKA SELATAN – Himpunan Mahasiswa Agribisnis Universitas Bangka Belitung mengadakan kegiatan Bina Desa, di Wisata Kebun Lada Desa Nyelanding, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Kamis (15/6/2023).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari (13-15 Juni 2023) ini di buka oleh Ketua Bumdesma Mitra Lada Bersatu Alfeddy Hernandy. Dalam kegiatan ini juga turut hadir, Sekretaris Bumdesma Mitra Lada Bersatu Doni Saputra, serta anggota Himpunan Mahasiswa Agribisnis Babel.

Dalam sambutannya, Alfeddy mengapresiasi kepada mahasiswa Agribisnis yang sudah antusias melakukan bina desa di Desa Nyelanding.

“Kami sangat apresiasi atas antusias dari mahasiswa Agribisnis untuk melakukan bina Desa di tempat kami (Desa Nyelanding, red)

Alfeddy berharap, seluruh stakeholder baik pemerintah daerah maupun akademisi harus bisa melakukan Fokus Group Discussion (FGD) atau kelompok diskusi terarah, agar perencanaan dan penyatuan visi terhadap strategi dapat benar-benar bisa mengembalikan kejayaan lada Bangka kedepannya.

“Karena untuk mengembalikan kejayaan lada ini harus tanpa adanya ego sektoral agar bisa terjadi kolaborasi yang kuat, sehingga tujuan kita bersama bisa segera tercapai demi masyarakat Bangka Belitung terkhusus para petani lada putih yang ada di Bangka ini,” ujar dia.

Sementara, Ketua Pelaksana Bina Desa, Hazi Surazi mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa sosial, kepedulian serta pengabdian dari Himpunan Mahasiswa Agribisnis.

“Kami meminta bimbingan dan arahan untuk terlaksananya kegiatan Bindes ini sampai dengan akhir,” ujarnya.

Ketua Himpunan Mahasiswa Agribisnis 2023, Agusti Jaya berharap kegiatan Bindes di Desa Nyelanding ini dapat terlaksana dengan baik, sehingga para mahasiswa dari Agribisnis dapat meninggalkan kesan dan pengalaman yang berharga.

“Harapan kami setelah kegiatan Bindes ini dilaksanakan, para kawan-kawan mahasiswa dapat meningalkan kesen yang baik dan tentunya juga dapat menjadi pengalaman yang berharga,” harap Agusti Jaya.

Adapun berbagai acara Bindes ini meliputi Sosialisasi dari pihak Desa, Gapoktan dan Bumdesma Mitra Lada Bersatu. Untuk materi yang disampaikan meliputi Subsistem input pertanian, on farm (budidaya), subsistem pengolahan dan subsistem pemasaran. Di lanjutkan juga dengan gotong royong serta berbagai kegiatan lainnya.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *