Elfin Elyas Sarankan Benteng Toboali Dikelola Jadi Tujuan Wisata

oleh -42 Dilihat
oleh

POLTAMNEWS.COM | TOBOALI — Pjs Bupati Bangka Selatan, Elfin Elyas menyarankan agar situs Benteng Toboali dapat dikelola menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung ke negeri Junjung Besaoh.

“Pengelolaan cagar budaya Benteng Toboali ini untuk meningkatkan daya tarik wisata tanpa merusak warisan sejarahnya,” ungkap Elfin kepada wartawan, Jumat (25/10/2024) sore.

Hal itu disampaikannya saat bersama sejumlah kepala OPD, anggota legislatif dan instansi vertikal melakukan peninjauan situs Benteng Toboali (Het Fort Toboalij), usai kegiatan gotong royong.

“Jadi ini sebuah cagar budaya, di mana pemerintah memiliki planning (rencana) untuk bisa mengelolanya menjadi suatu tujuan wisata, seperti wisata kuliner, dibuka cafe tapi tanpa menggangu atau mengubah strukturnya, karena ini kan dilindungi oleh negara, oleh balai,” jelas Elfin.

“Tapi yang boleh pun hanya meja-meja dan kursinya saja ya, tak boleh ada bangunan permanen, tentunya ini juga akan meningkatkan UMKM, ekonomi kita,” tambahnya.

Ia mengharapkan dengan adanya upaya mengenalkan wisata kota Toboali ke dunia luar melalui beragam platform digital saat ini, bukan tidak mungkin, kata dia, wisata Bangka Selatan akan dikenal dunia.

“Dengan mengemasnya dengan baik, bagaimana mengajak orang untuk datang, bukan tidak mungkin pariwisata di Bangka Selatan ini khususnya Toboali akan mendunia,” ucapnya.

Sebelumnya, di sore itu OPD di lingkup Pemkab Bangka Selatan bergotong royong melakukan aksi bersih-bersih sampah di pantai Nek Aji dan kawasan sekitar, dan merupakan rangkaian kegiatan dalam merayakan hari jadi kota Toboali ke-316.

“Jadi bersih-bersih ini merupakan sebagian kecil kegiatan kita merayakan hari jadi kota Toboali ke-316 yang dirayakan hari ini, tidak ada seremonial resmi apa-apa kita ingin bersenang-senang saja,” ungkap Elfin.

Di sisi lain, ada hal menarik dalam kegiatan itu, di mana setiap dinas di lingkungan Pemkab Bangka Selatan, menghidangkan kue sebanyak 316 butir di nampan masing-masing.

“Ya itu adalah gagasan dari teman-teman dinas. Jadi setiap dinas itu membawa kue sebanyak 316 butir di nampannya masing-masing, dan dibagikan untuk peserta kegiatan kita sore ini,” tuturnya.

Usai bersih-bersih, para peserta dihibur dengan penampilan grup musik sekaligus pembagian hadiah yang diserahkan langsung oleh Pjs Bupati bagi petugas kebersihan, dan juga sejumlah pelajar SMP dan SMA di Toboali yang dilibatkan dalam aksi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *