HUT Toboali ke-316, Elfin Elyas Sampaikan Kinerja Pemerintahan

oleh -39 Dilihat
oleh

POLTAMNEWS.COM | TOBOALI — Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Bangka Selatan, Elfin Elyas, memaparkan berbagai pencapaian kinerja pemerintahan Kabupaten Bangka Selatan selama lima tahun terakhir.

Hal itu disampaikannya saat memimpin upacara peringatan Hari Jadi Kota Toboali yang ke-316 di halaman kantor bupati, pada Jumat (25/10/2024) pagi.

“Upacara ini tidak hanya untuk merayakan sejarah panjang kota, tetapi juga menjadi ajang untuk mengevaluasi pencapaian pembangunan dan kinerja pemerintah,” ujar Elfin.

“Dengan sejarah yang kaya, Toboali diakui sebagai kota tertua di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menjadikannya panutan bagi Kabupaten lainnya,” imbuhnya.

Di kesempatan itu, Elfin juga memaparkan berbagai capaian kinerja pemerintahan selama lima tahun terakhir di antaranya:

1. Penurunan Angka Kemiskinan: Angka kemiskinan di Kabupaten Bangka Selatan menurun menjadi 3,11 persen, terendah kedua di provinsi, bahkan di bawah rata-rata nasional.

2. Pertumbuhan Ekonomi: Dalam dua tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi meningkat dari 3,07 persen pada 2022 menjadi 3,69 persen pada 2023. Target untuk 2024 adalah 3,8 persen dan 4,25 persen pada 2025.

3. Indeks Pembangunan Manusia (IPM): Pada 2023, IPM mencapai 69,67, dengan target untuk melampaui 70 pada 2024, yang akan mengategorikan Bangka Selatan sebagai daerah dengan IPM tinggi.

4. Rasio Gini: Rasio Gini yang menunjukkan ketimpangan pendapatan tetap stabil di angka 0,241 hingga 0,245. Target untuk tahun 2024 adalah mempertahankan angka tersebut.

5. Pengendalian Inflasi: Inflasi selama tiga tahun terakhir terjaga pada kisaran 2-3 persen, sesuai dengan target nasional.

6. Pengurangan Kemiskinan Ekstrem: Pada 2023, prevalensi kemiskinan ekstrem berhasil diturunkan menjadi 0,22 persen, di bawah rata-rata provinsi. Target untuk 2024 adalah di bawah 0,2 persen.

7. Penurunan Stunting: Capaian penurunan prevalensi stunting di Kabupaten Bangka Selatan menjadi yang terbaik di provinsi, dengan penurunan sebesar 2,4 persen. Target untuk 2024 adalah mencapai angka 18 persen dan 14 persen pada 2025.

Elfin menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan semua pemangku kepentingan dalam mewujudkan pembangunan yang berkualitas.

Ia pun optimis bahwa dengan perencanaan yang matang dan partisipasi aktif, semua target dapat dicapai.

Di akhir sambutannya, di Hari Jadi Kota Toboali ke-316 ini, Elfin berharap agar kota Toboali dapat terus tumbuh dan berkembang seiring dengan usianya yang semakin bertambah.

Elfin juga mengajak masyarakat untuk mencintai dan bangga menjadi bagian dari sejarah Toboali, serta berkomitmen untuk membangun kota yang lebih baik dan sejahtera.

“Dengan berbagai capaian yang telah diraih, diharapkan Kabupaten Bangka Selatan ini akan terus menjadi inspirasi dan contoh dalam pembangunan yang berkelanjutan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *