Bawaslu Basel Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif: Peran Media dalam Pilkada 2024

oleh -55 Dilihat
oleh

POLTAMNEWS.COM | TOBOALI

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan menggelar sosialisasi mengenai pengawasan partisipatif yang menekankan peran media dalam mewujudkan Pilkada Serentak 2024 yang transparan, di Grand Marina Hotel Toboali, dan mengundang insan pers setempat, Selasa (22/10/2024).

Acara yang dibuka oleh Kordiv Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Basel, Sabihis tersebut, menghadirkan Fauzan Azima, Direktur Eksekutif Babel Kreatif, sebagai pemateri.

Dalam paparannya, Fauzan membagikan wawasan mengenai pentingnya media dalam mengawasi proses pemilihan. Ia menekankan bahwa pengawasan ini sangat krusial untuk melindungi hak politik setiap warga dan memastikan Pilkada yang sehat serta transparan.

“Pengawasan Pilkada ini penting untuk melindungi hak politik setiap warga dan menciptakan proses pemilihan yang sehat dan transparan,” ungkapnya.

“Juga bagaimana media bisa berperan mengajak masyarakat untuk terlibat aktif dalam pengawasan pemilu, menjelaskan bagaimana setiap individu memiliki peran penting di dalam memastikan integritas proses tersebut,” lanjutnya.

Selain itu, ia juga menekankan bahwa media berperan sebagai instrumen strategis ataupun alat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan mendukung pengawasan yang efektif.

Lebih lanjut, Fauzan menggarisbawahi perlunya kejelasan dalam jalur dan mekanisme pelaporan temuan pelanggaran, agar masyarakat dapat melaporkannya dengan mudah.

Selain itu, ia juga menyarankan agar Bawaslu menyediakan anggaran khusus untuk publikasi media, guna memperkuat peran media dalam menyebarluaskan informasi tentang pengawasan pemilu dan memudahkan masyarakat mengakses data penting.

“Disebutkan dalam tema ini media sebagai garda terdepan, mestinya diperlukan dorongan bagi teman-teman media untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih yaitu melalui anggaran,” ujarnya.

Acara ini pun menjadi ruang bagi rekan-rekan media untuk menyampaikan aspirasi maupun saran bagi Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu dalam dialog yang hangat.

Diharapkan, sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pengawasan dalam Pilkada dan mendorong partisipasi aktif dalam proses demokrasi.

Bawaslu berkomitmen untuk bekerja sama dengan semua pihak demi terciptanya pemilihan yang adil, transparan, dan partisipatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *