Warga Antusias Sambut Ma’ruf Amin yang Akan Resmikan Pasar Modern Toboali

oleh -421 Dilihat
oleh

POLTAMNEWS.COM | TOBOALI

Ratusan warga Toboali tampak antusias menunggu kedatangan Wapres RI Ma’ruf Amin yang dijadwalkan akan meresmikan Pasar Toboali, Selasa (10/9/2024) pagi.

Warga yang didominasi kaum emak-emak ini tampak menunggu di pelataran ruko yang berada di depan maupun samping bangunan Pasar Toboali di jalan Jenderal Sudirman tersebut.

Pukul 10.30 WIB saat berita ini dipublikasi, Wapres yang dijadwalkan meresmikan Pasar Toboali pada pukul 10.00 WIB itu belum juga hadir, namun warga masih antusias menunggu.

Sebagai informasi, pasar ini merupakan bantuan langsung dari Presiden RI Jokowi melalui Kementerian PUPR saat melakukan kunjungan kerjanya ke Toboali, pada Oktober 2022 lalu.

Gedung pasar tersebut menjadi satu – satunya yang bergaya modern dengan sederet fasilitas pendukung dan tanpa melupakan ornamen lokal.

Pelaksana lapangan, Dhika Saputra saat ditemui di lokasi gedung menyebutkan, pasar berlantai 3 itu memiliki 68 ruko bagi pedagang yang ditempatkan di lantai satu dan dua.

“Pasar ini berlantai tiga, masing–masing lantai satu dan dua terdiri total 68 ruko, sedangkan di lantai 3 didesain untuk bersantai,” ujarnya.

Tak hanya itu, sederet fasilitas penunjang pasar modern juga dihadirkan pihak pengelola, seperti toilet, mushola, basement, roof top serta area parkir yang memadai.

Untuk fasilitas toilet sendiri terdapat 13 toilet yakni 10 toilet laki-laki dan perempuan, juga terdapat 3 toilet khusus Difabel, selain itu di setiap ruko juga terdapat alarm kebakaran atau fire alarm yang otomatis menyala apabila terjadi kebakaran.

“Pembangunan gedung bukan hanya ruko pasar saja, tapi beragam fasilitas pendukung lainnya, sehingga pasar ini menjadi lebih menarik,” paparnya.

Lebih lanjut, Dhika membeberkan, untuk sistem kelistrikan pasar diberlakukan dengan sistem switch, yang apabila terjadi mati listrik hanya cukup menunggu beberapa menit saja, maka genset akan hidup.

“Lalu apabila pompa air ada problem maka pompa back up lainnya akan berfungsi, sehingga walaupun ada maintenance atau perbaikan akan tetap berjalan dengan normal,” bebernya lagi.

“Semuanya sudah sesuai dengan RAB dan mudah – mudahan gedung pasar Toboali ini menjadi kebanggaan masyarakat serta perputaran ekonomi perlahan meningkat,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *