Keren, Diskominfo Basel Raih Penghargaan Pengelolaan Arsip Terbaik

oleh -0 Dilihat

POLTAMNEWS|Bangka Selatan –

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meraih sertifikat penghargaan pengelolaan kearsipan internal terbaik tahun 2024.

Sertifikat penghargaan ini diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Bangka Selatan, Haris Setiawan, di Halaman Gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka Selatan, pada Jumat (17/5/2024) kemarin.

Pj Sekda Basel, Haris Setiawan mengatakan, guna untuk meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan di bidang kearsipan, Pemkab Basel melalui dinas terkait secara berkala telah melakukan pembinaan kepada seluruh OPD, sekolah dan desa di Bangka Selatan.

“Tujuannya tentu agar tingkat pengelolaan kearsipan dimasing-masing instansi ataupun lembaga tersebut berjalan baik. Pada akhirnya sistem administrasi juga berjalan dengan baik,” kata Haris.

Dijelaskan Haris, penilaian dan evaluasi yang diberikan ini untuk melihat implementasi standar pengelolaaan kearsipan yang sudah diterapkan di seluruh OPD.

Dari hasil penilaian dan evaluasi tersebut, kata Haris, ada tiga OPD yang berhasil meraih predikat pengelolaan kearsipan internal terbaik. Ketiga OPD tersebut yakni, Kecamatan Toboali, Dinas Komunikasi dan Informatika serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

“Bertepatan dengan Hari Perpustakaan Nasional ke 144, kami memberikan apresiasi penghargaan kepada tiga instansi OPD terbaik dalam hal penataan dan pengelolaan kearsipan internal Tahun 2024 dan saya mengucapkan selamat kepada Kecamatan Toboali, Dinas Komunikasi dan Informatika serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sendiri,” ujar Haris.

Sementara itu, Plt Kepala Diskominfo Basel, Yuri Siswanto mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang diberikan ke Diskominfo Basel. Ia berharap, dengan adanya penghargaan ini, penataan dan pengelolaan kearsipan Dinas Kominfo Basel menjadi lebih baik lagi kedepannya.

“Alhamdulillah, Kami menyampaikan terimakasih atas penghargaan yang diberikan kepada dinas kami. Mudah mudahan kedepan penataan dan pengelolaan kearsipan Dinas Kominfo sendiri semakin baik,” ucap Yuri.

Dikatakan Yuri, dirinya menyadari sebagai dinas yang mengawal implementasi pemerintahan berbasis eletronik, pengelolaan kearsipan saat ini telah bertransformasi kedalam bentuk sistem informasi digital.

Menurut dia, kearsipan sangat identik dengan berkas dan dokumen yang menumpuk dalam rak dan ruang arsip.

Namun sekarang bentuk tersebut mulai tereliminir dan berubah menjadi sistem kearsipan digital sehingga lebih efisien.

“Sekali lagi saya ucapkan terimakasih atas apresiasi ini, dan tentunya kami akan terus optimalkan dukungan terhadap pengelolaan kearsipan di Lingkungan Pemkab Bangka Selatan,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *